Minggu, 18 Mei 2014

KUNCI SUKSES UNTUK MENDAPATKAN BENIH SAWIT UNGGUL


KUNCI SUKSES UNTUK MENDAPATKAN BENIH SAWIT UNGGUL


Dalam memulai kebun sawit yang perlu daiperhatikan adalah lebih baik menunggu dan membayar mahal untuk dapat memperoleh benih sawit unggul. Jika sampai menggunakan benih illegal, kerugian yang ditanggung bisa bertahun-tahun.

Hal penting yang berkaitan dengan benih sawit unggul:

a. Benih sawit unggul tidak dijual bebas dipasaran, dan hanya dapat diperoleh dengan pemesanan langsung kepada ketujuh produsen benih sawit yaitu pusat penelitian kelapa sawit, PT scofindo, PT London Sumatra Ind, Tbk, PT Dami Mas Sejahtera, PT Tunggal Yunus Estate, PT Bina Sawit Makmur, PT Tania Selatan.

b. Benih sawit impor juag tidak diperjual belikan secara bebas. Benis hanya dapat diperoleh dengan pemesanan langsung ke produsen benih luar negeri untuk keperluan sendiri dan tidak dapat diperjualbelikan.

c. Benis impor belum tentu lebih baik dari benih local, sebab metode yang digunakan sama-sama melalui persilangan. Benih dengan kualitas yang lebih baik hanya aka nada jika dihasilkan melalui proses rekayasa genetic (transgenic atau penggunaan radioaktif).

d. Benih unggul dan benih illegal sulit untuk dibedakan. Jaminan kualitas hanya dengan sertifikasi

e. Tidak semua benih yang dilengkapi label produsen benih tertentu dipastikan kualitasnya baik, karena saat ini banyak terjadi pemalsuan label. Silahkan perhatikan poin a.

f. Benis sawit unggul tidak dapat diambil dari kebun yang produktifitasnya tinggi. Benih sawit unggul hanya dapat diperoleh melalui persilangan dikebun induk antara Dura (betina) dan Pisifera (jantan) untuk menghasilkan Tenera (sawit hibrida).

Tips mendapatkan benih unggul

a. Belilah dari produsennya

- Pusat penelitian kelapa sawit di sumatera utara
- PT scofin Indonesia di Sumatera utara
- PT London Sumatra Indonesia di sumatera utara
- Tbk, PT Dami Mas Sejahtera di riau
- PT Tunggal Yunus Estate di riau
- PT Bina Sawit Makmur di sumatera selatan
- PT Tania Selatan di sumatera selatan
- PT Bakti Tani Nusantara di Kepulauan Riau
- PT Sasaran Ehsan Mekarsari

b. Dapatkan dari pewaralaba

Samapai saat ini hanya ada 2 pewara laba yakni PPKS dan PT BTN. Dan pastyikan bibit terseut disertifikasi oleh petugas dari UPTD pembenihan baik yang ada di provinsi atau kabupaten.

Belilah benih dari produsen banih sawit langsung dan tidak melalui orang ketiga, jika ingin bibit dapatkan dari pewaralaba bibit sawit.

Benih sawit unggul tidak hanya bisa dengan memesan langsung ke produsen benih malainkan harus mendapatkan persetujuan sejumlah institusi terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ga' punya profil ?? Pilih Anonymous